Cara Perkembangbiakan Hewan

Setiap hewan pasti akan mengalami berkembangbiak. Entah itu yang hidup di laut, udara, ataupun tanah. Karena dengan berkembang biak jumlah populasi dari setiap hewan akan bertambah. Disisi lain perlakuan manusia kepada hewan yang semenah-menah sehingga membuat banyak hewan yang mati dalam keaadaan dibunuh. Namun, di zaman sekarang erjadi banyak sekali masalah yang berhubungan dengan kembang biak, banyaknya hewan yang hampir punah membuat tangan manusia ikut campur untuk mengatasi masalah tersebut agar kembang biak hewan semakin lama tidak semakin habis dimakan waktu. Seperti dengan tumbuhan yang cara perkembangbiakannya dengan cara vegetatif dan generatif, dalam cara perkembangbikaan hewan pun sekarang ada yang seperti cara itu.

Dan jenis dari perkembangbiakan hewan juga terbagi menjadi 2 yaitu vegetatif dan generatif, dan berikut penjelasannya:

  1. Generatif

Generatif adalah cara dimana peleburan sel jantan dengan sel betina ang akan membahkan individu baru. Cara generatif ini biasanya seperti hewan jenis vivipar, dan dalam jenis generatif ini juga di bagi menjadi beberapa macam yang ikut dalam kelompok generatif:

  • Melahirkan

Hewan yang melahirkan ini sangat banyak di jumpai dan nama lain dari hewan yang melahirkan adalah vivipar. Dan proses dari vivipar adalah sebagai berikut:

  • Sel sperma akan membuahi sel telur dalam rahim sang induk
  • Individu baru akan hidup didalam rahim betina
  • Induk betina akan mengalami kejadian yang namanya hamil, dan melahirkan pada waktu yang sudah di tentukan
  • Pnghubung makanan yang akan di berikan kepada sang anaka akan melalui plasenta
  • Anak yang dilahirkn akan memiliki sifat yang sama dengan induknya
  • Bertelur

Hewan yang bertelur atau ovipar juga masuk kedalam perkembang biakan dalam cara generatif, hewan yang mempunyai anak melalui bertelur, cara perkembangbiakan hewan akan tumbuh diluar rahim sang ibu, cara untuk menetaskan telur sang induk akan mengeraminya. Ciri-ciri hewan ovipar adalah sebagai berikut

  • Tidak mempunyai daun telinga
  • Embrio akan tumbuh diluar rahim
  • Tidak memiliki anggota tubuh tulang belakang yang lengkap
  • Bertelur dan melahirkan

Cara generatif yang satu ini memiliki nama lain yaitu ovovivipar. Dimana sang induk akan berlelur dan melahirkan, caranya telur itu tidak akan keluar kecuali buah hati akan menetas, jika setelah menetas anak dari induk baru akan dapat dilahirkan. Contoh dari hewan ovovivipar adalah ular, iguana, bunglon, dan masih banyak lainnya

  1. Vegetatif

Dalam cara perkembangbiakan jenis ini akan memerlukan perhatian ekstra karena hewan tersebut tidak memiliki bagain tubuh yang sempurna. Dan berikut cara-cara perkembangbiakan hewan dengan cara vegetatif:

  • Tunas

Cara dari perkembang biakan hewan satu ini adalah dengan cara tunas. Dan hewan yang menggunakan caratunas sebagai kembangbiak adalah hewan hydra.

  • Membelah diri

Membelah diri juga masuk kelam jenis kembangbiak vegetatif. Dimana induk yang meiliki inti sel akan membelah dirinya menjadi dua bagian dan memuat individu baru yang akan hidup di dunia. Contoh hewan yang membelah diri adalah cacing pita.

  • Fragmentasi

Cara ini juga mirip dengan membelah diri namun induk yang berkembangbiak dengan cara fragmentasi tidak memiki induk, karena memang cara ini akan dilakukan golongan hewan tingkat rendah seperti cacaing pipih.

Lihat juga hewan-hewan reptile di web menarik ini ya. Buka link-nya sekarang. 🙂

Itulah beberapa cara perkembangbiakan hewan yang harus anda ketahui, memang sangat bermacam-macam cara pertumbuhan hewan yang hampir mirip dengan cara perkembangbiakan makhluk hidup tumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *